RSS Feed

GAME BLENDER - TRANSPORTBALL

Posted by Unknown



Blender adalah sumber tiga dimensi animasi Suite bebas dan terbuka. Mendukung keseluruhan dari tiga dimensi pipa-modeling, rigging, animasi, simulasi, rendering, compositing dan pelacakan gerak, bahkan video editing dan pembuatan game. Berikut beberapa kelebihannya:
  1. Open Source Blender merupakan salah satu software open source, dimana kita bisa bebas memodifikasi source codenya untuk keperluan pribadi maupun komersial, asal tidak melanggar GNU General Public License yang digunakan Blender.
  2. Multi Platform Karena sifatnya yang open source, Blender tersedia untuk berbagai macam operasi sistem seperti Linux, Mac dan Windows. Sehingga file yang dibuat menggunakan Blender versi Linux tak akan berubah ketika dibuka di Blender versi Mac maupun Windows.
  3. Update Dengan status yang Open Source, Blender bisa dikembangkan oleh siapapun. Sehingga update software ini jauh lebih cepat dibandingkan software sejenis lainnya. Bahkan dalam hitungan jam, terkadang software ini sudah ada update annya. Update an tersebut tak tersedia di situs resmi blender.org melainkan di graphicall.org
  4. Free Blender merupakan sebuah software yang Gratis Blender gratis bukan karena tidak laku, melainkan karena luar biasanya fitur yang mungkin tak dapat dibeli dengan uang, selain itu dengan digratiskannya software ini, siapapun bisa berpartisipasi dalam mengembangkannya untuk menjadi lebih baik. Gratisnya Blender mendunia bukan seperti 3DMAX/ Lainnya yang di Indonesia Gratis membajak :p. Tak perlu membayar untuk mendapatkan cap LEGAL. Karena Blender GRATIS dan LEGAL
  5. Lengkap Blender memiliki fitur yang lebih lengkap dari software 3D lainnya.  Coba cari software 3D selain Blender yang di dalamnya tersedia fitur Video editing, Game Engine, Node Compositing, Sculpting. Bukan plugin lho ya, tapi sudah include atau di bundling seperti Blender.
  6. Ringan Blender relatif ringan jika dibandingkan software sejenis. Hal ini terbuti dengan sistem minimal untuk menjalankan Blender. Hanya dengan RAM 512 dan prosesor Pentium 4 / sepantaran dan VGA on board, Blender sudah dapat berjalan dengan baik namun tidak bisa digunakan secara maksimal. Misal untuk membuat highpolly akan sedikit lebih lambat.
  7. Komunitas Terbuka Tidak perlu membayar untuk bergabung dengan komunitas Blender yang sudah tersebar di dunia. Dari yang newbie sampai yang sudah advance terbuka untuk menerima masukan dari siapapun, selain itu mereka juga saling berbagi tutorial dan file secara terbuka. Salah satu contoh nyatanya adalah OPEN MOVIE garapan Blender Institute
Game engine adalah kerangka kerja perangkat lunak yang dirancang untuk penciptaan dan pengembangan video game. Pengembang video game menggunakannya untuk membuat game untuk konsol video game, perangkat mobile dan komputer pribadi. Fungsionalitas inti biasanya disediakan oleh mesin permainan mencakup mesin render ("renderer") untuk 2D atau 3D grafis, mesin fisika atau tabrakan (dan tanggapan tabrakan), suara, script, animasi, kecerdasan buatan, jaringan, streaming, memori manajemen, threading, dukungan lokalisasi, dan adegan grafik. Proses pengembangan game sering dihemat, sebagian besar, dengan menggunakan kembali / mengadaptasi game engine yang sama untuk membuat permainan yang berbeda, atau untuk membuatnya lebih mudah untuk "port" games untuk berbagai platform.

Game Engine adalah perangkat lunak, yaitu beberapa algoritma, bertanggung jawab untuk permainan mekanik dan benar-benar berbicara bukan mesin rendering. Seperti misalnya mesin fisika, mesin rendering hanya middleware. Mesin rendering bertanggung jawab untuk rendering atau render 3D lebih dan bukan untuk permainan mekanik.

TAHAP PEMBUATAN GAME
Tahap Pembuatan Scene


Scene 1 “menu play”
  1. Add mesh – plane untuk latar background dan untuk latar play.
  2. Lalu add teks dan edit mode tulisan menjadi “Play”.
  3. Tidak lupa beri material warna pada setiap plane dan teks.
  4. Setelah itu kita gabungkan (perent) plane play dengan teks dengan klik ctrl+P.
  5. Agar dapat membedakan ganti nama scene dengan “home”.
  6. Atur lamp dan camera hingga membentuk tampilan dibawah ini.
  7. Lalu buat animasi dengan insert keyframe, dengan menggerakkan plane play.



Scene 2 “Play game”
  1. Pada project grafik komputer 1, pembuatan transportasi umum akan dijadikan sebagai latar sebuah game kali ini.
  2. Lalu add mesh – plane dan letakkan dibawah latar game.
  3. Pada object ubah max draw type dengan wire agar plane hanya terlihat seperti line saja.

  1. Setelah itu pada physics klik invisible supaya pada saat di jalankan, maka plane tidak akan muncul.

  1. Untuk pembuatan ball sebagai tokoh utama, kita dapat add – mesh – UV Sphere.
  2. Beri warna pada materialnya sesuai yang kita inginkan, dan ubah shading menjadi smooth agar terlihat tampak seperti bola yang sesungguhnya.

  1. Gabungkan semua objek yang ada pada plane dengan menjadikan perents.

  1. Masuk pada game logic, lalu pada physics lalu pilih Rigid Body agar bola bergerak dapat mengikuti latar yang telah dibuat

Scene 3-4 “End-win dan Lose”
  1. Add mesh – plane untuk latar background.
  2. Lalu add teks dan edit mode tulisan, pada saat menang menjadi “You Win”. Dan pada saat kalah maka “You Lose”.
  3. Tidak lupa beri material warna pada setiap plane dan teks.
  4. Setelah itu kita gabungkan (perent) plane dengan teks dengan klik ctrl+P.
  5. Agar dapat membedakan ganti nama scene dengan “end” dan “lose.
  6. Atur lamp dan camera hingga membentuk tampilan dibawah ini.


  1. Add mesh – cylinder  dan letakkan dibawah lubang cyinder pada latar yang telah dibuat.
  2. Pada physics klik invisible agar pada saat di play objek tersebut tidak terlihat.
  3. Buatlah kondisi seperti ini . add sensor – collosion dengan controller and dan actuator – scene dan masukkan scene end.
  4. Kodisi di atas jika bola masuk masuk ke dalam lubang tersebut maka akan menang dengan menuju ke scene end

  1. Lalu kita dapat input sortcode yang telah dibuat dengan klik open – file.exe – oke.
  2. Maka beberapa sortkode yang telah di input dapat dipergunakan dalam game ini.

  1. Pada object plane yang digunakan sebagai latar, pada add sensor pilih keyboard sebanyak 4 kali, dan atur keynya menjadi up-down-right-left dengan menggunakan keyboard.
  2. Pada add actuator pilih motion sebanyak 4, ubahlah rot x dan y menjadi bernilai positif dan negative.
  3. Lalu hubungkan ketiganya dengan controller and.

  1. Add empty – plain axes.
  2. Lalu add sensor keyboard hubungkan actuator scene ‘home’ denhan controller and. Berguna untuk menghubungkan scene play dengan scene home.
  3. Dan add sensor always dengan actuator phyton ‘update.py. berguna untuk mengupdate game ketika dijalankan
  4. Always - expression ‘time>50’ – scene ‘lose’. Pada saat waktu habis maka akan ditujukan pada scene lose, maka permainan berakhir. Jika waktu masih panjang dan bla akan kembali ke tempat semula dan permainan akan terus berjalan higga waktu yang ditetapkan telah berakhir.

  1. Selanjutnya add text untuk menampilkan inputan score dan timer. Beri warna pada material sesuai yang diinginkan.
  2. Pada add sensor pilih always dan hubungkan dangan controller – phyton “Textcore.py dan TextTimer.
  3. Pada saat game dimainkan maka akan dimunculkan inputan score yang diperoleh dan timer yang dihitung mundur mulai dari 50.

  1. Selanjutnya tiap objek kendaraan akan diberi input berupa nilai. Jika bola mengenai kendaraan tersebuat maka akan diberika sebuah score yang akan ditampilkan ke dalam papan score tersebut.
  2. Maka add sensor collision- add contoller phyton “add5.py/add8.py/add10.py. hibungkan keduanya agar dapat berfungsi pada game tersebut.

Tahap penyimpanan
  1. Klik File – User Preferences – pilih Addons – categories “Game Engine” lalu beri cheklis pada “Game Engine : Save As Game Engine Runtime”- Save User Settings.

  1. Lalu klik File – Export – Save As Game Engine Runtime

  1. Setelah itu simpan dengan name.exe
  2. Save as game engine runtime. Dan tunggu proses penyimpanan dalam beberapa detik.

RULES
            Aturan main (Rule) yang digunakan pada games TransportBall ini adalah sebagai berikut:
a.       User menggerakkan bola dengan keyboard up-down-left-right.
b.      User hanya menyentuk kendaraan agar mendapatkan score.
c.       User diberi waktu selama 50 detik untuk menyelesaikan permainan.
d.      Jika waktu habis, user dikatakan kalah dalam menjalani rute game.
e.       Jika bola terjatuh maka bola akan ditempatkan ke posisi awalnya.
f.       User harus mengarahkan bola hingga menuju halte agar dapat memenangkan permainan.

GOAL
Goal untuk menyelesaikan game “TransportBall” ini adalah dimana harus menyelesaikan rute dengan waktu yang ditentukan. Sehingga bola harus sampai ke garis finish.
Rancangan Tampilan
1.     Tampilan awal
          Ketika memulai game ini, maka tampilan awal yaitu play untuk menuju ke scene permainan. Kita dapat menjalankannya dengan mengklik button play tersebut.

2.     Tampilan scene game
Pada scene ini game dibuat dengan latar jalan raya, sehingga bola harus di gerakkan ke atas, bawah, kiri dan kanan untuk menyelesaikan rute tersebut dan dapat memenangkannya. Jika bola mengenai mobil maka akan diberikan score. Bola akan diberi waktu, jika bola tersebut dapat menyelesaikan rute akhir.

3.     Tampilan scene menang
Ketika bola dapat menyelesaikan rute sebelum batas waktu, maka akan dimunculkan scene “you win”.

4.     Tampilan scene kalah
Jika bola terus terjatuh dan ternyata tidak dapat menyelesaikan batas waktu, maka akan dimunculkan ke scene “you lose”. 


create by : Viska Yustia
@viskaka

0 komentar:

Posting Komentar