Distant Light
• Cahaya dimodelkan sebagai vector
(arahnya jelas)
• Intensitas cahaya tidak dipengaruhi
jarak sumber (seragam smeliputi seluruh jarak, kenapa karena berasal dari
lokasi sumber yang dianggap sangat jauh)
Point Source
•
Dimodelkan dengan sebuah posisi (titik)
dan jenis (warna)
•
Cahaya diemisikan dari titik tersebut ke
segala arah dengan intensitas yang sama
•
Intensitas akan mengalami penurunan
sebanding dengan kuadrat jarak terhadap sumber
•
Kekurangan dari pemodelan sumber cahaya
menggunakan point adalah kurang akuratnya pembentukan shading dan bayangan
•
Contoh pada penumbra (bayangan kabur)
Light Sources
Sumber cahaya secara
umum cukup sulit untuk dimodelkan secara bersamaan karena merupakan integrasi
dari seluruh cahaya yang datang dari setiap titik dari sumber
Spot
light Source
•
Merupakan model sumber yang lebih
kompleks dibanding yang lainnya
•
Dimodelkan sebagai sebuah sumber cahaya
titik yang arah penyinarannya berhingga sehingga membentuk area sorot
menyerupai kerucut
•
Dimodelkan dengan formula
•
Is adalah intensitas sumber
•
Vector v menggambarkan vektor proyeksi
dari cahaya sumber ke bidang proyeksi
•
Intensity ditentukan arah sudut
penyinaran psi nilai ini berkorespondensi dengan hasil projeksi Is melalui v
•
e menyatakan ukuran eksponen intensitas
cahaya (gambar kiri e=1, gambar kanan e>1)
0 komentar:
Posting Komentar