RSS Feed

Distant Ligh-Point Source-Light Source-Spot Light Source - GRAFIK KOMPUTER 2

Posted by Unknown



Distant Light
        Cahaya dimodelkan sebagai vector (arahnya jelas)
        Intensitas cahaya tidak dipengaruhi jarak sumber (seragam smeliputi seluruh jarak, kenapa karena berasal dari lokasi sumber yang dianggap sangat jauh)


Point Source
         Dimodelkan dengan sebuah posisi (titik) dan jenis (warna)
         Cahaya diemisikan dari titik tersebut ke segala arah dengan intensitas yang sama
         Intensitas akan mengalami penurunan sebanding dengan kuadrat jarak terhadap sumber
         Kekurangan dari pemodelan sumber cahaya menggunakan point adalah kurang akuratnya pembentukan shading dan bayangan
         Contoh pada penumbra (bayangan kabur)

Light Sources
Sumber cahaya secara umum cukup sulit untuk dimodelkan secara bersamaan karena merupakan integrasi dari seluruh cahaya yang datang dari setiap titik dari sumber

Spot light Source
         Merupakan model sumber yang lebih kompleks dibanding yang lainnya
         Dimodelkan sebagai sebuah sumber cahaya titik yang arah penyinarannya berhingga sehingga membentuk area sorot menyerupai kerucut

         Dimodelkan dengan formula
         Is adalah intensitas sumber
         Vector v menggambarkan vektor proyeksi dari cahaya sumber ke bidang proyeksi
         Intensity ditentukan arah sudut penyinaran psi nilai ini berkorespondensi dengan hasil projeksi Is melalui v
         e menyatakan ukuran eksponen intensitas cahaya (gambar kiri e=1, gambar kanan e>1)


0 komentar:

Posting Komentar