Pengantar Web Science
Posted by
Mungkin kata ini terdengar aneh di telinga kita, “Web
Science”. Teknologi Internet dan Web telah memudahkan dalam melakukan
penyimpanan dan pendistribusian data serta informasi. Ledakan informasi selain
membawa nilai positif juga melahirkan permasalahan baru. Menurut Hearst
[Helfin, 2003] salah satu problem baru pada ledakan informasi adalah terjadinya
keragaman yang disebabkan oleh beberapa hal utama sebagai berikut:
- Web adalah massive, dimana jumlah sumber data dan informasi berbasis web mengalami pertumbuhan yang luar biasa dalam orde ratusan ribu hingga juta per tahun.
- Web bersifat terdistribusi, teknologi web memberikan tingkat autonomi yang lebih tinggi sehingga ketersebarannya juga semakin besar. Akibatnya setiap pemilik web dapat menyajikan data ataupun informasi dengan vocabulary yang berbeda walau yang dimaksud adalah sama.
- Web juga bersifat dinamis, sebuah web bisa hadir pada jaringan Internet tidak terikat, lokasi geografis ataupun nama logika dari sebuah sumber informasi dapat berubah secara mudah dan sering, perubahan isi dari web juga tidak dapat diperkirakan.
- Web bersifat open, sebuah web dapat dibuat dan dibaca oleh setiap orang secara prinsip. Sehingga isu keamanan dan kepercayaan (trust) menjadi permasalah tersendiri.
Ledakan
informasi ini juga mengakibatkan perubahan yang cukup signifikan pada
perkembangan web, dimulai dari web 1.0 hingga web 3.0. Berikut adalah
penjelasan singkatnya:
- Web 1.0 yang sejak tahun 1992 mulai memperkenalkan beragam web browser, serta mendorong pertumbuhan pemanfaatan Web sebagai penyedia informasi. Pada tingkat ini web masih bersifat read only.
- Web 2.0 mulai menjadi trend pada tahun 1997, ini memperkaya sifat yang read only menjadi read write. Aplikasi berbasis Web semakin banyak diterapkan. Web dan sosial dimulai dengan lahirnya berbagai sarana seperti wikipedia, blog, friendster.
- Web 3.0 merupakan rancangan untuk memperkaya Web 2.0, dimana pada Web 2.0 baru memperhatikan pertukaran data antara manusia, pada Web 3.0 pertukaran data antar manusia-mesin, mesin-mesin dan manusia-manusia disempurnakan.
Web Science adalah studi interdisipliner Web yang membahas :
1 1. Studi
dari World Wide Web sebagai terbesar dan paling kompleks lingkungan rekayasa
dunia.
2 2. Dampak
bahwa sistem informasi ini pada masyarakat manusia.
3. erubahan
dan akomodasi yang diperlukan untuk mempertahankan Web pro - manusia dengan
manfaat sosial yang positif.
Web Science memiliki agenda yang ambisius , maka perlu
interdisipliner - banyak tentang perilaku sosial dan organisasi sebagai tentang
teknologi fondasi dari World Wide Web . Program penelitian yang menargetkan Web
sebagai fokus utama perhatian , menambah pemahaman kita tentang prinsip-prinsip
arsitektur , pembangunan dan pertumbuhan , kapasitas untuk memajukan
pengetahuan global dan komunikasi , dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
kepercayaan , privasi, dan menghormati batas-batas sosial .
Web Science adalah ilmu yang mempelajari sistem sosio-teknis global yang menyangkut teknologi , kebijakan dan praktek pertukaran data, informasi dan pengetahuan , termasuk pertukaran bentuk digital dari kekayaan intelektual dan perdagangan online barang ekonomi fisik. Ini analisis Web pada tingkat sistem , di satu sisi menyelidiki kemampuan teknis infrastruktur informasi yang didistribusikan sementara juga memeriksa kebijakan publik dan praktik sosial yang mengangkat dari keingintahuan laboratorium untuk fenomena global transformatif .
Web Ilmu adalah disiplin lintas & multi-disiplin . Siswa kami saat ini memiliki gelar dalam berbagai disiplin ilmu : Hukum , Ilmu Komputer , Sosiologi , Psikologi , Pendidikan , Desain Grafis , Arkeologi , Manajemen , Politik , Hubungan Internasional , Ekonomi , Geografi , Ilmu Pengetahuan Alam , Fisika , Pemasaran , Kriminologi , Teologi , Bahasa Inggris , Film dan Bahasa , Matematika , untuk beberapa nama . Para akademisi supervisor yang terlibat di tengah berasal dari seluruh Universitas . Sebuah Manifesto untuk Web Science.
Web Science adalah ilmu yang mempelajari sistem sosio-teknis global yang menyangkut teknologi , kebijakan dan praktek pertukaran data, informasi dan pengetahuan , termasuk pertukaran bentuk digital dari kekayaan intelektual dan perdagangan online barang ekonomi fisik. Ini analisis Web pada tingkat sistem , di satu sisi menyelidiki kemampuan teknis infrastruktur informasi yang didistribusikan sementara juga memeriksa kebijakan publik dan praktik sosial yang mengangkat dari keingintahuan laboratorium untuk fenomena global transformatif .
Web Ilmu adalah disiplin lintas & multi-disiplin . Siswa kami saat ini memiliki gelar dalam berbagai disiplin ilmu : Hukum , Ilmu Komputer , Sosiologi , Psikologi , Pendidikan , Desain Grafis , Arkeologi , Manajemen , Politik , Hubungan Internasional , Ekonomi , Geografi , Ilmu Pengetahuan Alam , Fisika , Pemasaran , Kriminologi , Teologi , Bahasa Inggris , Film dan Bahasa , Matematika , untuk beberapa nama . Para akademisi supervisor yang terlibat di tengah berasal dari seluruh Universitas . Sebuah Manifesto untuk Web Science.
Metodologi Web Science
Web Science merupakan kajian sains dari Web. Ketika Web
telah bergerak ke ranah ilmu, maka pertanyaan mendasar adalah bagaimana
keilmuan ini melakukan metodologi. Bagaimana peneliti atau engineer melakukan
pendekatan terhadap Web untuk pemahaman dan relasinya dengan domain sosial
secara luas dan inovasi apa yang dapat dilakukan.
Berbagai
penelitian yang berlangsung saat ini melakukan pengembangan pada metodologi
pemetaan (mapping) dan graph pada struktur Web dengan sampling sebagai kunci
utamanya [Leung, 2001]. Sebagai contoh laporan riset [Fetterly, 2004]
menyatakan bahwa 27% dari web di Jerman (.de) melakukan perubahan setiap
minggu. Model lain adalah metodologi model analisis yang mengkombinasikan data
empiris yang digunakan untuk melakukan determinasi probabilitas. Metodologi
pada Web Science akan dipengaruhi oleh perekayasaan yang berlatar belakang
industri maupun peneliti akademisi.
Sejarah
Penemu situs web adalah Sir
Timothy John “Tim” Berners-Lee, sedangkan situs web yang tersambung dengan
jaringan pertamakali muncul pada tahun 1991. Maksud dari Tim ketika merancang
situs web adalah untuk memudahkan tukar menukar dan memperbarui informasi pada
sesama peneliti di tempat ia bekerja. Pada tanggal 30 April 1993, CERN (tempat
dimana Tim bekerja) mengumumkan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis oleh
publik.
Sebuah situs web bisa berupa
hasil kerja dari perorangan atau individu, atau menunjukkan kepemilikan dari
suatu organisasi, perusahaan. biasanya pembahasan dalam sebuah situs web
merujuk pada sebuah ataupun beberapa topik khusus, atau kepentingan tertentu.
Sebuah situs web bisa berisi pranala yang menghubungkan ke situs web lain,
demkian pula dengan situs web lainnya. Hal ini terkadang membuat perbedaan
antara situs web yang dibuat oleh individu ataupun perseorangan dengan situs
web yang dibuat oleh organisasi bisnis menjadi tidak begitu jelas.
Situs web biasanya ditempatkan
pada sever web. Sebuah server web umumnya telah dilengkapi dengan perangkat-perangkat
lunak khusus untuk menangani pengaturan nama ranah, serta menangani layanan
atas protokol HTTP yang disebut sebagai Server HTTP (Bahasa Inggris: HTTP
Server) seperti Apache HTTP Server, atau Internet Informasi Service (IIS).
Protokol Transfer Berkas
Protokol pengiriman berkas (Bahasa Inggris: File Transfer Protocol) adalah sebuah protocol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pengiriman berkas (file) computer antar mesin-mesin dalam sebuah Antarjaringan.
FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan,
dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan
(download) dan penggugahan
(upload) berkas-berkas komputer
antara klien FTP dan server FTP. Sebuah Klien FTP merupakan
aplikasi yang dapat mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah server FTP,
sementara server FTP adalah sebuah Windows Service atau daemon yang berjalan di
atas sebuah komputer yang merespons perintah-perintah dari sebuah klien FTP.
Perintah-perintah FTP dapat digunakan untuk mengubah direktori, mengubah modus
pengiriman antara biner dan ASCII, menggugah berkas komputer ke server FTP,
serta mengunduh berkas dari server FTP.
Sebuah server FTP diakses dengan menggunakan Universal Resource Identifier (URI) dengan menggunakan format ftp://namaserver. Klien FTP dapat menghubungi server FTP dengan
membuka URI tersebut.
FTP menggunakan protocol Transmission
Control Protocol (TCP) untuk komunikasi
data antara klien dan server,
sehingga di antara kedua komponen tersebut akan dibuatlah sebuah sesi
komunikasi sebelum pengiriman data dimulai. Sebelum membuat koneksi, port
TCP nomor 21 di sisi server akan
"mendengarkan" percobaan koneksi dari sebuah klien FTP dan kemudian
akan digunakan sebagai port pengatur (control port) untuk :
(1) membuat sebuah koneksi antara klien dan server,
(2) untuk mengizinkan klien untuk mengirimkan sebuah perintah FTP kepada
server dan juga
(3) mengembalikan respons server ke perintah tersebut. Sekali
koneksi kontrol telah dibuat, maka server akan mulai membuka port TCP nomor 20 untuk membentuk sebuah koneksi
baru dengan klien untuk mengirim data aktual yang sedang dipertukarkan saat
melakukan pengunduhan dan penggugahan.
Internet
Internet
(kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer
yang saling terhubung menggunakan standar system global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet
switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di
seluruh dunia.Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara
menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking
("antarjaringan").
Internet dijaga oleh perjanjian
bilateral atau multilateral dan spesifikasi teknikal (protokol yang menerangkan
tentang perpindahan data antara rangkaian). Protokol-protokol ini dibentuk
berdasarkan perbincangan Internet Engineering Task Force (IETF), yang terbuka
kepada umum. Badan ini mengeluarkan dokumen yang dikenali sebagai RFC (Request
for Comments). Sebagian dari RFC dijadikan Standar Internet (Internet
Standard), oleh Badan Arsitektur Internet (Internet Architecture Board - IAB).
Protokol-protokol Internet yang sering digunakan adalah seperti, IP, TCP, UDP,
DNS, PPP, SLIP, ICMP, POP3, IMAP, SMTP, HTTP, HTTPS, SSH, Telnet, FTP, LDAP,
dan SLL.
eberapa layanan populer di
Internet yang menggunakan protokol di atas, ialah e-mail/surat elektronik, Usenet,
Newsgroup, berbagi berkas (File Sharing), WWW (World Wide Web), Gopher, akses
sesi (Session Access), WAIS, finger, IRC, MUD, dan USH. Di antara semua ini, e=mail/surat
elektronik dan World Wide Web lebih kerap digunakan, dan lebih banyak servis
yang dibangun berdasarkannya, seperti milis (Mailing List) dan Weblog. Internet
memungkinkan adanya servis terkini (Real-time service), seperti web radio, dan
webcast, yang dapat diakses di seluruh dunia. Selain itu melalui Internet
dimungkinkan untuk berkomunikasi secara langsung antara dua pengguna atau lebih
melalui program pengirim pesan instan seperti Camfrog, Pidgin (Gaim), Trilian,
Kopete, Yahoo! Messenger, MSN Messenger, Windows Live Messenger, Twitter,
Facebook dan lain-lain.
Beberapa servis Internet populer
yang berdasarkan sistem tertutup (Proprietary System), adalah seperti IRS, ICQ,
AIM, CDDB, dan Gnutella.
Hypertext
Dalam
komputer, hiperteks adalah paradigm interface pengguna untuk menampilkan
dokumen yang berisi referensi-silang otomatis ke dokumen lainnya yang disebut hyperlink.
Memilih hiperlink menyebabkan komputer menampilkan dokumen yang terhubungkan
dalam waktu sangat singkat.
Sebuah
dokumen dapat dibuat secara statik atau dinamik. Oleh karena itu, sebuah sistem
hiperteks yang dikonstruksi dengan baik dapat menangani, menggunakan atau
melebihi banyak interface pengguna lainnya seperti menu dan baris perintah, dan
dapat digunakan untuk mengakses kedua dokumen referensi-silang yang dikumpulkan
secara statik dan aplikasi interaktif. Dokumen dan aplikasi terdapat secara
lokal atau dari mana pun dia berada dengan bantuan jaringan omputer seperti internet.
Implementasi paling terkenal dari hiperteks adalah Word Wide Web.
Istilah
"hiperteks" sering kali digunakan di mana istilah hypermedia
lebih cocok bila digunakan.
Usenet
Usenet
adalah sistem diskusi Internet yang terdistribusi secara global. Sistem ini
dikembangkan dari arsitektur serbaguna UUCP dari nama yang sama.
Mahasiswa
pascasarjana Universitas Duke bernama Tom Truscott dan Jim Ellis mencetuskan
idenya pada tahun 1979 untuk selanjutnya membangun sistem ini pada tahun 1980.
Pengguna membaca dan mengirim pesan umum (disebut artikel atau posting,
dan secara kolektif disebut berita) ke satu kategori atau lebih yang
disebut newgroup. Usenet menyerupai Bulletin
Board System (BBS) dalam banyak hal, dan merupakan awal dari berbagai forum
Internet yang banyak digunakan saat ini, secara kasar dapat dianggap sebagai
hibrida antara surat elektronik dan forum web. Diskusi disusun menurut topik
diskusi, dan ditampilkan oleh Newsreader seperti halnya susunan forum web dan
BBSes, meskipun artikel disimpan pada peladen secara berurutan.
Salah
satu perbedaan penting antara BBS atau forum web dan Usenet adalah tidak adanya
server pusat dan administrator khusus. Usenet didistribusikan antara
konglomerasi besar yang terus berubah dari peladen-peladen yang menyimpan serta
meneruskan pesan satu sama lainnya. Peladen-peladen ini secara longgar
terhubung dalam jejaring tidak tetap. Polanya mirip dengan peta transportasi
kota yang kompleks. Ada beberapa cara untuk sampai ke titik manapun di kota.
Jika salah satu jalan akan diblokir karena alasan tertentu, ada jalan lain
selalu tersedia untuk sampai ke sana. Dengan cara ini, Jaringan Pengguna atau
Usenet memungkinkan artikel yang diposkan ke newsgroup sampai ke banyak tujuan
dengan cepat. Seorang pengguna dapat membaca pesan dari peladen dan menuliskan
pesan ke peladen lokal yang dioperasikan oleh penyelenggara jasa internet,
universitas atau perusahaan. Peladen kemudian saling bertukar pesan satu sama
lainnya, hingga pesan tersedia bagi pembaca di luar peladen asli.
Gopher
Gopher
adalah protokol layer aplikasi TCP/IP yang dirancang untuk distribusi,
pencarian, dan pengambilan dokumen melalui Internet. Sangat berorientasi pada
desain dokumen menu, protokol Gopher disajikan menarik untuk alternatif World
Wide Web pada tahap awalnya, tapi akhirnya gagal mencapai popularitas.
Protokol
ini menawarkan beberapa fitur yang tidak didukung oleh native Web dan
menerapkan hierarki yang lebih kuat pada informasi yang tersimpan di dalamnya.
Menu teks antarmuka yang mudah digunakan, dan cocok untuk lingkungan komputasi
yang sangat bergantung pada remot teks berorientasi terminal komputer, yang
masih umum pada saat pembentukannya pada tahun 1991, dan kesederhanaan protokol
yang difasilitasi berbagai implementasi klien. Revisi gopher yang lebih baru
dan klien grafis menambahkan dukungan untuk multimedia.
Dengan
struktur hierarki, Gopher memberikan platform berguna untuk skala besar
koneksi perpustakaan elektronik pertama. Pengguna Gopher ingat bahwa sistem
"lebih cepat dan lebih efisien dan jauh lebih terorganisir" dari
layanan Web saat ini. Meskipun sebagian besar digantikan oleh Web pada tahun
berikutnya, protokol Gopher masih digunakan oleh penggemar, dan server populasi
kecil tetap aktif dipertahankan.
Sumber
:
0 komentar:
Posting Komentar