NEW MEDIA & INSTAGRAM
Posted by
Instagram dapat
digunakan di iPone, iPad atau
iPod touch
apapun dengan sistem operasi iOS 3.1.2 atau yang terbaru dan telephone kamera Android apapun dengan sistem operasi 2.2 (Froyo) atau yang terbaru. Aplikasi ini tersebar melalui Apple app store dan Google play.
apapun dengan sistem operasi iOS 3.1.2 atau yang terbaru dan telephone kamera Android apapun dengan sistem operasi 2.2 (Froyo) atau yang terbaru. Aplikasi ini tersebar melalui Apple app store dan Google play.
Pada tanggal 9
April 2012, diumumkan bahwa Facebook setuju
mengambil alih Instagram dengan nilai sekitar $1 miliar.
Sejarah
Burbn, Inc.
Berdiri pada
tahun 2010 perusahaan Burbn, Inc., merupakan sebuah
teknologi startup yang hanya berfokus kepada pengembangan aplikasi untuk telepon genggam. Pada awalnya Burbn, Inc. sendiri memiliki fokus yang
terlalu banyak di dalam HTML5 mobile, namun kedua CEO, Kevin Systrom dan juga Mike
Krieger, memutuskan
untuk lebih fokus pada satu hal saja. Setelah satu minggu mereka mencoba untuk
membuat sebuah ide yang bagus, pada akhirnya mereka membuat sebuah versi
pertama dari Burbn, namun di dalamnya masih ada beberapa hal yang belum
sempurna. Versi Burbn yang sudah final, aplikasi yang sudah dapat digunakan di
dalam iPhone, yang dimana isinya terlalu banyak
dengan fitur-fitur. Sulit bagi Kevin Systrom dan Mike Krieger untuk mengurangi
fitur-fitur yang ada, dan memulai lagi dari awal, namun akhirnya mereka hanya
memfokuskan pada bagian foto, komentar, dan juga kemampuan untuk menyukai
sebuah foto. Itulah yang akhirnya menjadi Instagram.
Nama Instagram
Nama instagram
berasal dari pengertian dari keseluruhan fungsi aplikasi ini. Kata “insta”
berasal dari kata “instan”, seperti kamera
polaroid yang pada
masanya lebih dikenal dengan sebutan “foto instan”. Instagram juga dapat
menampilkan foto-foto secara instan, seperti
polaroid di dalam
tampilannya. Sedangkan untuk kata “gram” berasal dari kata “telegram”, dimana cara
kerja telegram sendiri adalah untuk mengirimkan
informasi kepada orang lain dengan cepat. Sama halnya dengan Instagram yang
dapat mengunggah foto dengan menggunakan jaringan
internet, sehingga
informasi yang ingin disampaikan dapat diterima dengan cepat. Oleh karena
itulah Instagram berasal dari instan-telegram.
Pada tanggal 9
April 2012, diumumkan bahwa Instagram akan diambil alih oleh Facebook senilai
hampir $1 miliar dalam bentuk tunai dan saham.
Pandangan
Produk yang berkaitan dengan new media
Jejaringan Sosial
Dalam membagi
foto tersebut, para pengguna juga tidak hanya dapat membaginya di dalam
Instagram saja, melainkan foto tersebut dapat dibagi juga melalui jejaring sosial lainnya seperti
Facebook, Twitter, Foresquare, Tumblr, Flickr, dan juga
posterous, yang tersedia di halaman untuk membagi foto tersebut. Di beberapa jenis jejaring sosial yang dapat berhubungan
dengan Instagram, produk ini bisa disebut sebagai new media.
Ada beberapa hal bahwa Instagram berhubungan dengan
new media, yaitu :
Komunitas Instagram
Instagram
sendiri berkembang dari aplikasi iPhone untuk berbagi foto, hingga
sekarang menjadi sebuah perusahaan sosial
internet yang
berkembang. Secara statistik setelah 10 bulan setelah dikeluarkan, instagram
menarik perhatian 7 juta pengguna baru yang telah mengundah 150 juta foto di
dalam instagram. Sedangkan instagram sendiri hanya memiliki 5 staff yang
bekerja di dalamnya. Sampai pada saat ini belum ada spam di antara para pengguna, dan aktifitas dari para pengguna pun lebih sering
untuk menyukai sebuah foto dan memberi komentar terhadap foto tersebut. Dari
para pengguna yang secara berkelanjutan untuk berkomunikasi antara satu dengan
yang lainnya, hubungan para pengguna pun menjadi lebih erat lagi, terlebih bila
mereka tahu bahwa mereka berada di satu lokasi yang sama. Hal inilah yang pada
awalnya menjadi permulaan dari komunitas-komunitas Instagram atau lebih sering
dikenal dengan sebutan "iGers". Dengan adanya komunitas tersebut semangat mendapatkan sebuah tanggapan dari
pengguna lainnya menjadi hal yang penting ketika mengunggah foto. Tidak hanya
itu saja pengguna didorong untuk mengambil foto lebih banyak lagi dan
memungkinkan para pengguna untuk berpikir bahwa hasil foto mereka lebih
artistik daripada sebelumnya. Sampai pada saat ini ada lebih dari 141 komunitas
instagramers di dunia. Komunitas tersebut tidak hanya dikategorikan dari
negara-negara saja, melainkan kota-kota besar di sebuah negara. Indonesia pun
juga menjadi salah satu negara yang termasuk di dalam Instagramers.
iPhonesia
iPhonesia
komunitas penggemar dunia fotografi dan olah digital melalui iDevice. iPhonesia
sendiri berkepanjangan dari (i)Device (Pho)tographer Indo(nesia), adalah
komunitas iPhonography pertama terbesar di Indonesia. Komunitas ini mulai
diperkenalkan semenjak 12 Januari 2011 lalu. “Awal terbentuknya iPhonesia
bermula dari keinginan sesama penggemar iPhoneography (sebutan untuk penggemar
foto menggunakan iDevice) untuk saling berbagi ilmu dalam memotret dan
menggunakan aplikasi fotografi di iDevice. Dimulai dari sebuah akun twitter
yang diprakarsai oleh saya dan Gunawan HP serta dibantu oleh beberapa teman,
akhirnya kami meluncurkan milis sebagai media komunikasi komunitas ini pada
tanggal 16 Januari yang lalu,” ujar salah satu pendiri iPhonesia, Aries Lukman. Keberadaan komunitas ini dimaksudkan sebagai sebauh ajang tukar informasi
seputar aplikasi-aplikasi, dan juga teknik editing. Komunitas yang dimotori
oleh Gunawan HP, Aries Lukman, Kezia Susanto dan Riswan Christianto ini,
memiliki lebih dari 1300 anggota di mailing list group, dan lebih dari 2300
follower di Twitter. Di dalam media sosial untuk berbagi
foto, Instagram, lebih dari 800.000 foto telah menggunakan hashtag #iPhonesia.
Hal ini membuat #iPhonesia masuk ke dalam 5 hashtag terbesar di dunia dan masih
terus berkembang sampai pada saat ini.
Instagram di Masa Depan
Dengan makin berjalannya waktu, Instagram pun terus
berkembang. Pada awal mulanya yang hanya beberapa pengguna saja, sekarang sudah
melebihi 8 juta pengguna dari seluruh dunia. Tidak hanya itu saja untuk
menyeimbangi makin bertambahnya para pengguna Instagram, versi Instagram pun
terus meningkat. Pada tanggal 20 September 2011, Instagram telah mengeluarkan
versi terbarunya yaitu 2.0 dengan beberapa fitur-fitur yang ditambahkan dan
juga diperbaiki.
Berkembangnya Instagram sendiri, maka makin banyak juga masyarakat yang
ingin menggunakannya juga. Seperti apa yang tertulis dalam buku Roger F. Fidler
mengenai mediamorphosis, bahwa perkembangan media itu terjadi melalui tahapan
waktu tertentu dan beriringan dengan perkembangan teknologi yang ada. Namun
tidak semua orang awam dapat memiliki iDevice untuk menggunakan Instagram.
Orang awam yang ingin menggunakan Instagram, namun tidak memiliki iDevice lebih
banyak menggunakan
Android. Ada pula aplikasi yang menyerupai Instagram di dalam Android, Instaroid,
yang dimana di dalam penggunaannya masih bisa untuk menyukai dan juga
mengomentari sebuah foto, namun pada aplikasi ini para pengguna tidak dapat
menggunakan kamera melalui Instagram. Kevin Systrom sebagai CEO dari Instagram,
juga belum memastikan apakah
Android dapat menggunakan Instagram atau tidak. “Ini sangat
penting bagi kami, namun kami hanya 6 orang. Android menjadi prioritas utama
kami. Namun yang pertama harus kami lakukan adalah membangun tim dan menentukan
orang terbaik di dunia untuk bekerja dalam proyek ini,” ungkap Systrom.
Manfaat
Instagram
ü Memberi Efek Foto
Pada versi
awalnya, Instagram memiliki 15 efek-efek yang dapat digunakan oleh para
pengguna pada saat mereka hendak menyunting sebuah foto. Efek tersebut terdiri
dari: X-Pro II, Lomo-fi, Earlybird, Sutro, Toaster, Brannan, Inkwell, Walden,
Hefe, Apollo, Poprockeet, Nashville, Gotham, 1977, dan Lord Kelvin. Namun tepat
pada tanggal 20 September yang lalu Instagam telah menambahkan 4 buah efek
terbaru yaitu; Valencia, Amaro, Rise, Hudson dan telah menghapus 3 efek,
Apollo, Poprockeet, dan Gotham dari dalam fitur tersebut. Di dalam
pengaplikasian efek sekalipun para pengguna juga dapat menghilangkan
bingkai-bingkai foto yang sudah termasuk di dalam efek tersebut. Fitur lainnya
yang ada pada bagian penyuntingan adalah Tilt-Shift. Tilt-shift ini, sama
fungsinya dengan efek kamera melalui instagram, yaitu untuk memfokuskan satu
titik pada sebuah foto, dan sekelilingnya menjadi buram. Dalam penggunaannya
aplikasi Tilt-Shift memiliki 2 bentuk, yaitu persegi panjang dan juga bulat.
Kedua bentuk tersebut dapat diatur besar dan kecilnya, juga titik fokus yang
diinginkan. Tilt-shift juga mengatur rupa foto disekeliling titik fokus
tersebut, sehingga para pengguna dapat mengatur tingkat buram pada sekeliling
titik fokus di dalam foto tersebut.
ü Memberi Label Foto
Sebuah label di dalam Instagram adalah sebuah kode yang memudahkan
para pengguna untuk mencari foto tersebut dengan menggunakan “kata kunci”.
Dengan demikian bila para pengguna memberikan label pada sebuah foto, maka foto
tersebut dapat lebih mudah untuk ditemukan. Label itu sendiri dapat digunakan
di dalam segala bentuk komunikasi yang bersangkutan dengan foto itu sendiri.
Para pengguna dapat memasukkan namanya sendiri, tempat dimana mengambil foto
tersebut, untuk memberitakan sebuah acara, untuk menandakan bahwa foto tersebut
mengikuti sebuah lomba, atau untuk menandakan bahwa foto tersebut dihasilkan
oleh anggota komunitas instagram. Foto yang telah diunggah, dapat dimasukkan
label yang sesuai dengan informasi yang bersangkutan dengan foto. Pada saat ini
label adalah cara yang terbaik jika kita hendak mempromosikan foto di dalam
instagram.
- Perlombaan
Sebagai sebuah
medium untuk mengundah foto, salah satu kegunaan dari Instagram sendiri adalah
untuk menjadi tempat ajang lomba
fotografi. Di dalam
perlombaan ini, para penyelenggara lomba menggunakan tanda label untuk menandakan
bahwa foto yang telah diunggah tersebut telah mengikuti lomba tersebut. Sebuah
perlombaan foto melalui Instagram adalah salah satu cara untuk membuat sebuah
produk lebih dikenal oleh masyarakat luas. Penyelenggara juga memberikan jangka
waktu tertentu agar makin banyak pengguna dari instagram yang mengikuti
perlombaan tersebut. Pada umumnya perlombaan yang diadakan melalui instagram
ini, tidak hanya memberikan hadiah, melainkan juga dengan menjadi pemenang maka
akan lebih dikenal lagi di dalam dunia Instagram oleh para pengguna lainnya.
Hal ini memungkinkan pengikut dari pengguna Instagram tersebut akan bertambah
banyak.
- Publikasi Kegiatan Sosial
Sebagaimana
kegunaan sosial media lainnya, Instagram menjadi sebuah medium untuk
memberitakukan mengenai sebuah kegiatan sosial, dari berbagai segi manca negara
ataupun lokal. Cara yang digunakan untuk mengikuti hal ini adalah dengan
menggunakan label instagram. Dengan menggunakan label yang membahas mengenai
kegiatan sosial, maka makin banyak masyarakat yang mengikuti hal tersebut.
Dengan demikian instagram menjadi salah satu alat promosi yang baik dalam
menyampaikan sebuah kegiatan itu. Contohnya seperti pada label #thisisJapan
projek dimana dia menggunakan label di dalam instagram untuk menarik perhatian
para masyarakat international untuk membantu bencana alam yang terjadi di
Jepang pada awal tahun lalu.
- Publikasi Organisasi
Di dalam
Instagram juga banyak organisasi-organisasi yang mempublikasikan produk mereka.
Contohnya saja seperti Starbucks, Red Bull, Burberry,
ataupun Levi’s. Banyak dari produk-produk tersebut yang
sudah menggunakan media sosial untuk memperkenalkan produk-produk
terbarunya kepada masyarakat, hal ini dikarenakan agar mereka tidak harus
mengeluarkan biaya sepersenpun untuk melakukan promosi tersebut. Tidak hanya
itu saja, tetapi melalui instagram para produk tersebut dapat berinteraksi
secara langsung dengan para kustomer mereka. Hal ini juga dimanfaatkan oleh
para produk-produk tersebut, untuk mendapatkan konsumer lebih banyak lagi, terlebih
lagi bila mereka ingin mendekati kustomer yang belum pernah menggunakan produk
mereka. Lebih banyak lagi organisasi yang menggunakan instagram sebagai sebuah media
informasi kepada masyarakat luas.
sumber :
0 komentar:
Posting Komentar